10 Halaman 404 Not Found Terbaik

Ketik www.google.com/404 pada browser Anda. Akan terlihat pesan 404 Not Found karena halaman tersebut tidak ditemukan. Kejadian ini mungkin sering Anda alami saat mengklik URL yang sudah tidak ada, biasanya disebut broken link atau dead link. Developer website yang kreatif lalu mendesain halaman 404 ini menjadi halaman yang terlihat menarik, sehingga alih-alih takut melihat pesan dan kode kesalahan, user justru akan tersenyum dan terhibur saat menemukan halaman 404 Not Found pada website tersebut.

Apa saja website-website dengan halaman 404 Not Found yang kreatif? AYOweb menentukan 10 website berikut diurutkan mulai dari yang terbawah.

10. lego.com

Ketikkan lego.com/404 atau klik link di atas untuk melihat halaman 404 Not Found dari lego.com. Halaman ini memperlihatkan karakter Lego yan menemukan saklar yang terputus. Ilustrasi yang tepat ini mudah dipahami sekaligus menghibur.

lego

 

9. airbnb.com

Airbnb adalah sebuah website komunitas untuk berbagi informasi akomodasi yang unik di seluruh dunia. Halaman 404 Not Found yang ditampilkan berupa animasi seorang anak kecil yang dari senang menjadi sedih karena es krimnya jatuh.

airbnb

8. hotdot.pro

Hotdot adalah perusahaan jasa pembuatan website artistik. Jadi tidak heran halaman 404 juga terlihat artistik walau sedikit menyeramkan dengan menampilkan animasi kode 404 besar-besar. Jika Anda klik angka tersebut, maka ia akan terurai namun akan kembali membentuk angka 404. Anda harus mencobanya sendiri untuk merasakan keunikannya.

hotdot

 

7. github.com

Github adalah website yang sangat populer di kalangan programmer untuk saling berkolaborasi project tertentu. Halaman 404 Not Found pada website ini menampilkan karakter Jedi (tokoh dalam film Star Wars) dalam bentuk kartun yang imut. Gambar dapat bergerak saat Anda menggeser kursor mouse.

github

 

6. bluegg.co.uk

Bluegg mengerjakan project-project seputar website dan teknologinya dengan cara yang kreatif. Termasuk untuk membuat halaman 404 Not Found yang menggambarkan seekor kambing yang menjerit. Video berdurasi 6 detik ini berasal dari YouTube yang sampai saat ini sudah ditonton lebih dari 12 juta orang!

bluegg

 

5. blizzard.com

Blizzard adalah perusahaan pembuat game ternama yang pernah melahirkan game-game fenomenal seperti Diablo dan WarCraft. Halaman 404 Not Found Blizzard tampak angker namun sekaligus berkarakter sesuai dengan nuansa game-game Blizzard, dengan pecahan kata dan header menu yang jatuh.

blizzard

 

4. hakim.se

Hakim.se adalah website milik seorang engineer Swedia bernama Hakim El Hattab. Bisa dikatakan website ini adalah blog pribadinya. Halaman 404 Not Found didesain dengan animasi mata yang mencari-cari, lalu kembali ke halaman index. Sebuah ilustrasi yang kreatif!

hakim

 

3. tinsanity.net

Tidak jelas apa yang di belakang tinsanity.net karena halaman awalnya seakan sedang under construction. Namun yang menarik adalah halaman 404 Not Found yang didesain lucu, menggambarkan sebuah gelas yang berlarian ketakutan dengan efek suara yang membesar/mengecil sesuai dengan jarak berlari si gelas. Wajib dilihat langsung!

tinsanity

 

2. bluefountainmedia.com

Blue Fontain Media merupakan perusahaan yang bergerak pada pembuatan aplikasi mobile, desain website, dan online marketing. Halaman 404 Not Found yang dirancang membuktikan teknologi tidak perlu disikapi terlalu serius, justru unsur kreatif harus ditonjolkan. Dicontohkan dengan game packman!

bluefountainmedia

 

2. bluedaniel.com

Bluedaniel.com adalah website studio film yang unik dan penuh misteri. Anda hanya akan melihat film pendek yang artistik pada halaman depan, dan tidak ada link yang mengarahkan Anda ke halaman lain. Namun ternyata banyak URL lain pada website ini (Anda dapat mencarinya dengan mengetikkan “site:bluedanial.com” pada Google). Beberapa URL antara lain:

http://www.bluedaniel.com/givethekidaride/
http://www.bluedaniel.com/seventhmoon/

Bagaimana dengan halaman 404 Not Found? Ini mungkin halaman 404 Not Found dengan durasi terpanjang, memperlihatkan gerbong kereta api, dan Anda dapat memilih memasuki gerbong yang mana. Wajib dicoba sendiri 🙂

bluedaniel

 

(Visited 220 times, 1 visits today)

Leave a Reply