Redirect Alamat Website Dengan .htaccess

Alkisah kadalkidal.com adalah sebuah website yang telah berjalan hampir 2 tahun. Satu ketika sang pemilik website berkeinginan melakukan migrasi konten kadalkidal.com ke domain ayoweb.com yang merupakan pekerjaan gampang-gampang sulit. Mungkin secara teknis tidak ada kesulitan untuk melakukan migrasi. tetapi bagaimana jika orang masih saja mengunjungi website lama, yaitu kadalkidal.com?

Kasus di atas diambil dari kisah nyata yang terjadi dengan website yang sedang anda baca ini. Solusinya cukup sederhana: pengunjung kadalkidal.com secara otomatis akan diarahkan (redirect) ke ayoweb.com. Terdapat beberapa cara untuk itu, cara yang saya ambil adalah dengan menggunakan file .htaccess.

Apakah .htaccess?

Mungkin anda pernah melihat file .htaccess (pada web server Apache). File ini merupakan sebuah file konfigurasi yang umumnya digunakan Apache untuk enable/disable fungsi tertentu. Termasuk salah satunya adalah fungsi redirect. Redirect tidak hanya untuk kasus di atas yang mengarahkan ke domain yang berbeda, namun juga untuk mengarahkan ke halaman tertentu pada domain yang sama, contohnya jika terdapat error 404 file not found.

Perintah Redirect

Perintah untuk melakukan redirect pada .htaccess sangat mudah. Yaitu:

RewriteEngine On
RewriteRule ^(.*)$ http://ayoweb.com [L,R=301]

Letakkan file .htaccess ini ke root directory server kadalkidal.com, setelah itu dapat dipastikan jika ada pengunjung masih ke kadalkidal.com maka langsung diarahkan ke ayoweb.com. Atau jika saya ingin mengarahkan pengunjung ke salah satu artikel di website ini, misalnya di http://ayoweb.com/kopiah/, maka isi .htaccess menjadi:

RewriteEngine On
RewriteRule ^(.*)$ http://ayoweb.com/kopiah/ [L,R=301]

Semoga trik redirect sederhana ini bermanfaat.

(Visited 437 times, 7 visits today)

Leave a Reply