Cara Mengganti Favicon di Blogspot

Hi sobat… sebelum mengetahui cara mengganti gambar Favicon, mula-mula kita harus tahu dulu apa itu Favicon 🙂 Favicon adalah sebuah icon/gambar kecil yang terlihat pada tab website yang Anda buka di browser. Jangan sepelekan sebuah Favicon karena dapat menjadi sebuah ciri khas yang unik dari sebuah website. Contohnya lihat beberapa favicon berikut:

contoh-favicon-ngetop

Ada favicon dari:
– Blogger.com
– Facebook.com
– Detik.com
– Google.com
Semuanya unik dan berciri khas bukan? Padahal semua favicon tersebut sederhana saja, dan memiliki satu kemiripan, yaitu berupa huruf pertama website tersebut: [B]logger, [F]acebook, [d]etik, dan [G]oogle. Khusus untuk Blogger/Blogspot, Anda dapat mengubah favicon default tersebut sehingga blog Anda menjadi lebih unik dan berkarakter.
Nah, sekarang bagian pentingnya. Bagaimana mengganti gambar favicon di Blogspot? Mudah sekali. Ikuti langkah-langkah berikut:
  • Siapkan gambar favicon. Anda dapat membuatnya sendiri dengan pengolah gambar seperti Photoshop, atau cari gambar yang Anda inginkan di Google Image. Cari yang tidak ada copyrightnya agar Anda tidak terkena masalah pelanggaran hak cipta. Simpan file tersebut dalam format gambar yang umum (JPG, PNG, BMP, dll).
  • Pastikan dimensi gambar tersebut segi empat DAN ukurannya tidak lebih dari 100KB. Anda dapat menggunakan Photoshop atau software pengolah gambar lainnya.
  • Masuk ke Blogger.com dan login dengan akun Anda.
  • Pilih menu Layout, dan klik Edit pada bagian Favicon. Lihat gambar di bawah.

layout-favicon

  • Upload gambar favicon yang telah Anda siapkan sebelumnya. Klik Save.

upload-favicon

  • Terakhir, jangan lupa klik tombol Save Arrangement pada Layout blog Anda.
Beres! Blog Anda sudah memiliki favicon pilihan Anda. Tinggal giat-giat menulis artikel yang orisinal ya 🙂
(Visited 126 times, 1 visits today)

Leave a Reply