Migrasi WordPress dari Localhost – Server Hosting

Dalam membuat website, umumnya web programmer mengerjakan website tersebut pada localhost alias komputer sendiri sebelum menguploadnya pada server/ hosting. Keuntungannya, web programmer dapat melakukan try and error tanpa takut ada user yang terganggu dan tidak tergantung dengan koneksi Internet.

Kerugiannya adalah saat diupload ke server, web programmer harus melakukan beberapa perubahan. Tapi perubahan ini sebenarnya sangat mudah, hanya memerlukan sedikit waktu. Khusus jika website dikembangkan dengan WordPress, berikut langkah-langkah untuk melakukan migrasi dari/ke localhost – server hosting:

1. Upload semua file-file script PHP/ JavaScript/ CSS via FTP Client. Intinya, upload semua file yang terdapat pada directory website tersebut.

2. Ubah konfigurasi database di file wp-config.php. Pada bagian berikut:

3. Export database MySQL. Anda dapat menggunakan phpMyAdmin untuk mempermudah pekerjaan export ini. Pada localhost, buka phpMyAdmin dan pilih database yang diinginkan, pilih Export, lalu Export Mode: Quick dan klik tombol Go. Database tersebut akan di-export sebagai file .sql.

Catatan: jika database berukuran besar, gunakan Export Mode:Custom dan pilih compression zipped, dengan demikian file database akan lebih kecil sehingga lebih mudah untuk diupload ke server.

4. Import database MySQL. Langkah ini untuk memindahkan database localhost ke database server, dengan asumsi anda telah membuat database kosong di server. Buka phpMyAdmin di server dan pilih database yang diinginkan, pilih Import dan klik tombol Choose file, arahkan ke file .sql pada langkah sebelumnya. Klik tombol Go.

5. Anda telah memindahkan file dan database dari localhost ke server. Tetapi pada WordPress, beberapa table menyimpan alamat localhost, dan ini harus disesuaikan karena alamat saat diakses melalui server sudah berbeda. Contohnya alamat website pada localhost adalah http://localhost/websiteku dan alamat domain yang sebenarnya adalah http://websiteku.com, maka anda harus menjalankan query SQL berikut (dapat dilakukan melalui phpMyAdmin):

Selesai! Anda telah melakukan migrasi website dari localhost ke server.

(Visited 348 times, 1 visits today)

2 thoughts on “Migrasi WordPress dari Localhost – Server Hosting

  1. saya sudah mencoba cara diatas. tp kenapa wordpressnya minta instal ulang.
    lalu file gambar2nya tidak tampil. pdhl set permission folder upload nya sudah dirubah menjadi 777
    terima kasih sebelumnya

Leave a Reply