Clash of Clans

“Cara terbaik untuk menghasilkan uang melalui game mobile adalah dengan berhenti berpikir untuk menghasilkan uang.”

Kalimat tersebut dicetuskan oleh Ilkka Paananen, CEO Supercell, perusahaan game asal Finlandia yang membuat salah satu game berbasis iOS dan Android yang paling digemari saat ini: Clash of Clans (CoC). Selain CoC, Supercell juga membuat game Hay Day dan Boom Beach. Ilkka menegaskan bahwa pembuat game mobile harus mengutamakan bagaimana game tersebut dapat menyenangkan orang yang memainkannya.

Dan memang hal inilah yang dirasakan jutaan orang yang memainkan CoC, yang bergenre strategi perang. Anda dapat memainkannya secara multiplayer dengan menyerang pemain lain (secara random), dimungkinkan juga bermain single player dengan menyerang desa yang dihuni goblin (didesain oleh program). Pemain membangun desanya masing-masing dengan pertahanan dan berbagai senjata untuk melindungi harta (berupa gold, elixir, dark elixir) serta mempersiapkan pasukan untuk menyerang desa lain.

Biarpun idenya tidak baru, tetapi CoC berhasil mengemasnya dengan sangat baik. Pasukan terdiri dari berbagai jenis prajurit seperti barbarian, archer, goblin, giant, dan seterusnya. Demikian juga jenis-jenis senjata untuk mempertahankan desa dari serangan, antara lain cannon, archer tower, wizard tower, bomb, dan seterusnya. Variasi ini memungkinkan anda menggunakan banyak teknik menyerang dan bertahan. Kelebihan lainnya, CoC dikemas dengan sentuhan humor yang terlihat dari penggambaran para prajuritnya.

Karakter-karakter Clash of Clans

Berikut adalah beberapa karakter yang anda temui dalam CoC.

Barbarian

barbarian-character-clash-of-clans

Bertampang sangar, bersenjatakan pedang (tetapi pakai sandal), barbarian menyerang target yang terdekat dengannya. Sekelompok barbarian memiliki tenaga menghancurkan yang sangat besar, tetapi di lain sisi juga merupakan sasaran empuk bagi mortar atau wizard tower. Jika sudah diupgrade ke level yang cukup tinggi, barbarian akan mengenakan helm. Barbarian juga mendapat kehormatan menjadi maskot game ini.

Archer

archer-clash-of-clans

Cewek berambut pink dengan kemampuan memanah dari jarak jauh (tidak terlalu jauh sih). Seperti barbarian, archer menyerang target yang didekatnya. Namun kelebihannya, archer dapat menyerang target di udara seperti balloon. Jika rombongan archer menyerang maka serangannya seperti air mancur yang mematikan.

Goblin

goblin-clash-of-clans-character

Si pencuri harta/resource. Goblin mengutamakan target gold, elixir, dan dark elixir. Gerakannya sangat cepat dan daya hancurnya tinggi, tetapi relatif lemah jika terkena serangan.

Giant

giant-clash-of-clans-character

Giant memiliki daya hancur dan daya tahan yang kuat, tetapi bergerak lambat. Target utamanya adalah senjata sehingga umumnya giant digunakan untuk melumpuhkan senjata lawan.

Referensi:

http://clashofclansnation.com/characters/
http://www.forbes.com/sites/karstenstrauss/2013/04/17/is-this-the-fastest-growing-game-company-ever/

(Visited 502 times, 1 visits today)

4 thoughts on “Clash of Clans

Leave a Reply