Pro dan Kontra Akurasi Rank Alexa

Salah satu cara membanggakan website anda adalah dengan menunjukkan peringkat/rank alexa. 

Alexa.com merupakan layanan yang menyediakan data traffic website dan peringkat/rank website. Menurut Alexa, website dengan rank nomor 1 saat ini adalah google.com, disusul facebook.com di rank 2. Selengkapnya dapat dilihat pada daftar top website yang disediakan Alexa.

Ada yang mempercayai rank Alexa mewakili traffic website tersebut, artinya rank Alexa yang baik menunjukkan traffic website tersebut tinggi. Tetapi ada juga yang menganggap rank Alexa tidak akurat dan tidak dapat digunakan sebagai acuan. Dari pihak yang pro dan kontra ini, pihak mana yang benar?

Pro Alexa

Kita akan mulai dengan fakta dan data positif seputar rank Alexa. Salah satunya adalah rank Alexa sering digunakan wikipedia.org sebagai referensi. Contohnya halaman Wikipedia yang membahas mengenai engine pintar Wolfram Alpha, terdapat informasi yang menunjukkan rank Alexa website tersebut seperti pada gambar berikut.

Informasi Wolfram Alpha pada Wikipedia
Informasi Wolfram Alpha pada Wikipedia

Jadi website besar seperti Wikipedia yang non-profit juga menggunakan rank Alexa sebagai referensi.

Faktor lain yang mendukung adalah reputasi Alexa sebagai salah satu anak perusahaan dari Amazon.com, sebuah nama besar di dunia Internet. Amazon adalah perusahaan yang terus bertahan di jajaran atas website dunia sejak zaman booming Internet sampai sekarang, dan merupakan salah satu perusahaan besar yang tergabung dalam index saham NASDAQ 100 dan S&P 500. Amazon sendiri mengakuisisi Alexa pada tahun 1999.

Alexa juga terus membenahi sistemnya. Pada tahun 2008 Alexa mengklaim mengambil lebih banyak data dari sumber lain untuk menentukan rank yang lebih akurat. Hal ini berkaitan dengna keraguan berbagai pihak dengan akurasi rank Alexa jika berdasarkan toolbar (akan dibahas kemudian). Alexa bahkan akan mengubah website alexa.com secara signifikan. Saat tulisan ini dibuat, tampilan baru alexa.com sudah bisa dilihat di http://preview.alexa.com.

 Kontra Alexa

Ada yang pro Alexa, ada yang kontra alias tidak mempercayai rank Alexa. Salah satu alasannya karena sumber data Alexa berdasarkan toolbar yang diinstal oleh user pada browsernya. Toolbar Alexa mengandung script yang akan mengirimkan data statistik ke server Alexa. Toolbar tersebut masih tersedia sampai saat ini di alexa.com. Berikut tampilannya dalam bentuk extension Chrome:

Alexa Toolbar
Alexa Toolbar

Keraguan pada akurasi rank Alexa muncul karena bagaimana mungkin data yang akurat hanya berdasarkan toolbar yang diinstal oleh sebagian user? Pada tahun 2005 Alexa mengumumkan jumlah download toolbarnya mencapai 10 juta download, sehingga secara hitungan kasar dapat dianggap terdapat 10 juta user yang menggunakan toolbar Alexa. Pihak yang kontra Alexa berpendapat jumlah  ini tidak dapat digunakan untuk merepresentasikan rank website yang sesungguhnya.

Hal lainnya yang tidak mendukung akurasi rank Alexa adalah kemungkinan rank Alexa dapat dicurangi. Beberapa website menyediakan layanan untuk mem-boost rank Alexa, contohnya http://www.alexaboostup.com. Cara kerjanya adalah dengan menginstal toolbar/extension pada browser anda, extension ini berisi script yang dapat melakukan auto browsing. Program robot seperti ini sebenarnya bukan hanya dapat mempengaruhi perhitungan Alexa, tetapi juga perhitungan semua tool web statistik. Cara ini bisa jadi berhasil dalam jangka pendek.

Apakah rank Alexa akurat?

Ada pro dan kontra, lalu siapa yang benar? Cara terbaik untuk mengetahuinya adalah dengan membandingkan rank Alexa dengan data lain. Misalnya data statistik dari Google Analytics ataupun tool statistik lainnya. Ada yang sudah mendapatkan kesimpulannya?

(Visited 74 times, 1 visits today)

Leave a Reply