Asyiknya Coding Dengan Scratch

Sebagian orang alergi dengan bahasa pemrograman karena kerumitannya. Biasanya mereka tidak  habis pikir mengapa ada saja programmer yang cinta setengah mati mengutak-atik kode-kode tersebut. Tapi mungkin orang akan maklum kalau sudah mengenal Scratch.

Scratch adalah bahasa pemrograman, ada perintah untuk melakukan loop, pilihan bercabang (if then else), membuat function dan seterusnya. Uniknya semua dilakukan dengan drag & drop.

Berikut contoh game sederhana dengan Scratch, yang merupakan program pertama saya dengan menggunakan Scratch: http://scratch.mit.edu/projects/19260930/

Tampilannya:

Contoh Game Scratch
Contoh Game Scratch

Tujuan game-nya mudah. Gerakkan robot dengan tombol panah (atas, bawah, kiri, kanan) untuk menghindari beberapa petir yang bergerak secara acak. Game berakhir jika robot terkena petir.

Bahasa pemrograman ini cocok untuk Anda yang ingin mulai belajar bahasa pemrograman, dengan pendekatan yang edukatif sekaligus menghibur. Bahkan anak-anak pun kemungkinan besar dapat membuat game sederhana. Tersedia banyak sprite atau tokoh yang dapat dipilih (pada contoh game di atas, sprite-nya adalah robot dan petir).  Lalu ada serangkaian perintah seperti membunyikan suara, bergerak ke arah tertentu, repeat sambil kondisi tertentu, dan seterusnya yang dapat di drag & drop membentuk blok program. Anda juga dapat melihat kode sumber game yang dibuat orang dengan klik tombol “See Inside”. Pada program game robot di atas, kodenya seperti pada gambar berikut:

Kode Game
Kode Game
(Visited 385 times, 1 visits today)

Leave a Reply