Konversi Format Dokumen ke PDF

Usia file PDF (Portable Document Format)  di tahun 2014 ini sudah menginjak usia 20 tahun lebih. Sejak diperkenalkan tahun 1993 oleh Adobe System, format PDF sampai saat ini telah menjadi salah satu format dokumen yang sangat populer untuk berbagai artikel, e-book, ataupun brosur.

Karena itu masalah yang sering dihadapi user adalah bagaimana mengconvert dokumen yang telah dibuat, misalnya pada Microsoft Word, menjadi PDF. Sebenarnya hal ini dapat dilakukan dengan mudah menggunakan versi Microsoft Word 2007 ke atas yaitu dengan menu File – Save As – PDF or XPS,  jika opsi ini tidak ada, download add-in pada link ini: http://www.microsoft.com/en-us/download/confirmation.aspx?id=7

Atau anda dapat menggunakan Open Office melalui menu File – Export to PDF.

Convert Halaman Website

Jika dokumen yang ingin anda convert berbentuk halaman website, maka anda dapat menggunakan salah satu tool online yaitu Web2PDF di alamat: http://web2pdfconvert.com

Caranya cukup dengan copy paste link halaman web yang ingin anda convert ke PDF, lalu klik tombol Convert to PDF seperti pada gambar berikut:

konversi-halaman-web-ke-PDF

Selanjutnya halaman website anda akan digenerate ke dalam format PDF dan terdapat pilihan untuk mendownload PDF tersebut atau menyimpannya ke Google Docs. Sangat praktis, bahkan jika anda menginginkan terdapat beberapa pengaturan dengan klik tombol options yang mengizinkan anda untuk mengatur ukuran halaman, orientasi PDF (portrait atau landscape), pengaturan margin, deskripsi, dan masih banyak lagi.

(Visited 56 times, 1 visits today)

Leave a Reply