Daftar Website Freelancer Indonesia

Internet menawarkan lapangan kerja yang pertumbuhannya paling cepat saat ini secara langsung maupun tidak langsung. Karena peran Internet maka tenaga-tenaga ahli seperti web developer, web designer, internet marketer dan seterusnya, menjadi sangat dibutuhkan. Internet juga memungkinkan individu meraih pendapatan melalui pemasangan iklan online pada websitenya ataupun menjadi freelancer (pekerja lepas).Konsep website freelancer yang mempertemukan pemberi kerja (employer) dan pencari kerja (employee) secara online sebenarnya bukan hal yang baru. Guru.com sudah memulainya sejak tahun 1998. Tapi di Indonesia hal ini sepertinya belum terlalu lazim. Di lain sisi dengan situasi macet dan banjir Jakarta yang belum terselesaikan, konsep ini seharusnya cocok diterapkan terutama di ibukota karena dapat meminimalisir waktu yang terbuang di jalan.

Biarpun begitu, beberapa layanan website yang membidik “pasar” freelancer berbahasa Indonesia telah bermunculan, antara lain adalah:

freelancer.co.id

Freelancer.co.id adalah freelancer.com versi Indonesia, freelancer.com sendiri sudah dimulai sejak tahun 2009 oleh Matt Barrie yang pernah bersekolah di Jakarta International School. Matt lalu melanjutkan studi di University of Sydney dan Stanford University.

Website freelancer.co.id sebenarnya sama saja dengan freelancer.com, hanya berbeda bahasa dan lebih dikhususkan pada user di Indonesia. Melalui freelancer.co.id, anda dapat berlaku sebagai pemasang proyek atau pencari kerja. Pemasang proyek berarti anda memiliki pekerjaan atau proyek untuk diselesaikan, misalnya membuat website sesuai keinginan anda. Sedangkan sebagai pencari kerja, anda akan mencari proyek-proyek yang tersedia dan memberikan penawaran, jika penawaran anda diterima, anda dapat mulai bekerja secara online dan dibayar sesuai ketentuan.

Sebelum mulai menjadi freelancer, pastikan anda memiliki akun paypal yang verified alias terverifikasi agar dapat menerima pembayaran, karena pembayaran untuk freelancer dilakukan via paypal.

Beberapa tips untuk user freelancer.co.id:

  • Daftar dan isi profile selengkap mungkin, seperti foto, keahlian, portfolio dan seterusnya.
  • Ikuti ujian gratis Freelancer Orientation dan usahakan lulus (minimal mendapat nilai 75%), jika gagal terus coba dan pelajari soal-soal mana saja yang anda salah menjawab karena jawaban salah akan ditampilkan. Bisa jadi anda akan mencoba sampai 3 kali ujian atau lebih baru akhirnya lulus.

freelancerandco.com

Website dengan tampilan yang sederhana ini menyediakan wadah untuk para freelancer untuk mendaftarkan diri dan menampilkan profilenya agar dapat dihubungi secara langsung oleh pemberi kerja. Website ini tidak memungut bayaran baik untuk pemberi kerja dan pencari kerja. Pemberi kerja dapat menghubungi freelancer yang tampil pada website ini.

Kalau dilihat dari who is record, domain ini sudah ada cukup lama, sejak tahun 2006.

kfi.or.id

KFI atau Koperasi Freelancer Indonesia. Sayang websitenya belum sepenuhnya berfungsi dan kebanyakan link mengarahkan pengunjung ke group Facebook di https://www.facebook.com/groups/koperasifreelancerindonesia/

(Visited 117 times, 1 visits today)

Leave a Reply