Game Catur Jawa Super Jadul Dengan Turbo Pascal 7.0

 javachess

Barang antik memang memiliki keunikan tersendiri. Salah satu “barang antik” pada saat ini adalah sebuah komputer yang menggunakan sistem operasi DOS (Disk Operating System) yang populer sebelum era Windows. Sebenarnya dari sisi jenis aplikasi, tidak terlalu banyak perbedaan dengan saat ini, dulu juga ada aplikasi game, database, security, virus dan antivirus, spreadsheet atau word processor dan seterusnya.

Di artikel ini akan ditampilkan sebuah game Catur Jawa (JavaChess) yang super jadul. Selain jadul, game ini juga ribet karena anda harus mempersiapkan DOS emulator.

DOSBox – DOS Emulator

Jika anda masih memiliki berbagai aplikasi DOS sementara sistem operasi yang anda miliki adalah Windows masa kini seperti Windows XP, Vista, 7, 8, maka anda mungkin tidak dapat menjalankan aplikasi tersebut walaupun telah mengatur kompatibilitasnya melalui tab Compatibility (klik kanan file -> Properties -> Compatibility). Untuk itu anda dapat menggunakan DOSBox yang dapat didownload pada link http://www.dosbox.com/download.php?main=1 , DOSBox adalah program emulator DOS untuk menjalankan aplikasi DOS anda.

Cara penggunaannya cukup mudah, mula-mula install DOSBox pada komputer anda, lalu jalankan DOSBox, maka akan terlihat tampilan DOSBox seperti screenshot berikut:

dosbox-dos-emulator

Mirip dengan tampilan DOS hanya saja drive yang aktif adalah drive Z. Kemudian taruh program DOS yang ingin anda jalankan pada sebuah folder, misalnya pada c:game, lalu pada Z prompt DOSBox, ketikkan perintah:

mount c: c:game

Kemudian pindah dari drive Z ke drive C dengan mengetikkan C: [enter] pada Z prompt, ketikkan dir [enter] maka anda akan melihat file-file pada folder game tadi, selanjutnya anda dapat menjalankan file *.exe yang ada sebagaimana anda menjalankan program DOS.

Game Catur Jawa
Permainan Catur Jawa merupakan permainan sederhana tetapi memerlukan ketelitian dan asah otak. Permainan ini memerlukan dua pemain, biasa dilakukan manual dengan menggambarkan bidang kotak-kotak seperti catur pada di kertas, lalu pemain pertama menggambarkan tanda (misalnya O) pada sebuah kotak, dan pemain kedua menggambarkan tanda (misalnya X) pada kotak yang belum terisi. Siapa yang mampu terlebih dulu membuat 5 deret tanda O atau X berurutan secara vertikal, diagonal, maupun horisontal akan keluar sebagai pemenang.

Membuat versi komputer permainan ini cukup rumit, karena kita harus dapat membuat komputer mampu berpikir atau memiliki AI atau Artificial Intelligence (kecerdasan buatan) sehingga dapat memberikan perlawanan. Berikut adalah contoh game Catur Jawa dengan menggunakan Turbo Pascal 7.0 dan berjalan pada sistem operasi jadul, yaitu DOS (karena program ini dibuat tahun 1996). Program ini menggunakan bidang 13×8 sehingga cukup luas untuk bermain, dan mengharuskan pemenangnya menyusun 5 bola berurutan.

Secara garis besar, logika AI program ini adalah menentukan prioritas langkah komputer berdasarkan urgency-nya. Terdapat 8 keadaan (state) berdasarkan tingkat urgency, yaitu:

State[1] = True, jika Computer sudah menyusun 4 bola
State[2] = True, jika Lawan sudah menyusun 4 ( dengan 1 celah! )
State[3] = True, jika Computer sudah menyusun 3 bola
State[4] = True, jika Lawan sudah menyusun 3 bola
State[5] = True, jika Computer sudah menyusun 2 bola
State[6] = True, jika Lawan sudah menyusun 2 bola
State[7] = True, jika Computer sudah menyusun 1 bola
State[8] = True, jika Lawan sudah menyusun 1 bola

* Jika semua kondisi diatas false, ambil langkah secara random.

Artinya State[1] adalah yang paling prioritas, karena jika komputer sudah menyusun 4 bola, tinggal 1 langkah lagi untuk melengkapinya menjadi 5 bola. Jika kondisi State[1] tidak ada, maka lanjutkan ke State[2], demikian seterusnya. Selamat bermain game jadul 🙂

Game beserta source code lengkap dapat didownload di  sini.

(Visited 332 times, 2 visits today)

2 thoughts on “Game Catur Jawa Super Jadul Dengan Turbo Pascal 7.0

Leave a Reply