Sekilas Tentang Buta Warna

Agar website ini semakin gado-gado isinya (ada tentang IT, tumor/kanker, musik, curhat) maka sekarang saya buat artikel tentang buta warna, yang saya tulis demi mencari jawaban sebuah soal quiz.
Buta warna umumnya terjadi karena kelainan genetik yang diturunkan orangtua pada anak, dan dibawa oleh kromosom X. Walaupun buta warna bisa saja disebabkan hal lain seperti kerusakan fisik pada mata, atau kerusakan bagian otak, tetapi tulisan ini hanya membahas buta warna yang umum yang berasal dari kromosom X. Buta warna parsial (sebagian, misalnya warna hijau) lebih banyak terjadi dibanding buta warna total.
Laki-laki memiliki kromosom XY, sedangkan wanita memiliki kromosom XX. Bibit hanya memiliki satu kromosom, jadi bibit wanita hanya memiliki kromosom X, sedangkan sperma dapat memiliki kromosom X (menghasilkan anak perempuan) atau kromosom Y (menghasilkan anak laki-laki).
Jadi jika anda laki-laki (memiliki kromosom XY), maka kromosom X didapatkan dari ibu, kromosom Y didapatkan dari ayah, sedangkan jika anda perempuan (memiliki kromosom XX), maka kromosom X itu didapat masing-masing dari ayah dan ibu.
Kelainan kromosom X yang membuat buta warna bersifat resesif, jadi jika ada dua kromosom X dan satu X membawa buta warna, maka orang tersebut tidaklah buta warna.

Dengan demikian jika anda laki-laki dan buta warna, berarti anda memiliki kelainan pada kromosom X yang diturunkan dari ibu, ini artinya ibu anda juga buta warna ATAU pembawa gen buta warna (terdapat kelainan pada salah satu kromosom X yang diturunkan pada anda). Jika anda perempuan dan buta warna, maka ayah anda buta warna DAN ibu anda juga buta warna/pembawa gen buta warna. Karena itu perempuan lebih jarang ada yang buta warna, tetapi tetap mungkin terjadi.
Kalau dibuat tabel, kira-kira seperti dibawah ini.
Ibu (XX) Ayah (XY)
Anak laki-laki X Y
Anak perempuan X X
Dari tabel, lebih mudah dilihat bahwa:
– ibu yang buta warna akan memiliki anak laki-laki yang buta warna.
– ayah yang tidak buta warna tidak akan memiliki anak perempuan yang buta warna.
– dst pikir sendiri kemungkinannya.:)
(Visited 63 times, 1 visits today)

Leave a Reply