Jalan Mulia Berunsur Delapan

Jalan Mulia Berunsur Delapan (untuk memudahkan, disingkat JMB8) adalah kebenaran ke empat dari Empat Kebenaran Mulia, yaitu jalan mulia untuk mengakhiri penderitaan yang terdiri dari 8 ruas/unsur/faktor yaitu:
1. Pandangan Benar.
Pandangan benar adalah pengetahuan tentang empat kebenaran mulia.

2. Kehendak Benar.
Kehendak benar adalah kehendak yang meninggalkan keduniawian, pikiran ketidakbencian, dan pikiran ketidakkejaman.

3. UcapanĀ  Benar.
Ucapan benar adalah ucapan yang menghindari berbohong, menghindari fitnah, menghindari ucapan kasar, dan menghindari kata-kata yang tidak berguna.

4. Perbuatan Benar.
Perbuatan benar adalah perbuatan yang menghindari pembunuhan, menghindari mengambil yang tidak diberikan, menghindari melakukan hubungan seksual yang salah.

5. Penghidupan Benar.
Penghidupan benar adalah mempertahankan hidupnya dengan penghidupan benar.

6. Usaha Benar.
Usaha benar adalah membangkitkan kehendak, daya upaya, usaha, pikiran untuk berusaha mencegah munculnya kondisi batin buruk yang belum muncul, mengatasi kondisi batin buruk yang sudah muncul, memunculkan kondisi batin baik yang belum muncul, dan mempertahankan kondisi batin baik yang sudah muncul.

7. Perhatian Benar.
Perhatian benar adalah merenungkan jasmani sebagai jasmani, perasaan sebagai perasaan, pikiran sebagai pikiran, objek-objek pikiran sebagai objek-objek pikiran. Tekun, sadar jernih dan penuh perhatian, setelah menyingkirkan segala keserakahan dan cengkeraman terhadap dunia.

8. Konsentrasi Benar.
Konsentrasi benar adalah terlepas dari keinginan indria, terlepas dari kondisi batin yang buruk, memasuki dan berdiam dalam jhana pertama, kedua, ketiga, dan keempat.

8 unsur ini dapat dikelompokkan menjadi 3 kelompok, yaitu:
1. Kelompok moralitas/sila (3 – 5)
2. Kelompok konsentrasi/samadhi (6 – 8)
3. Kelompok kebijaksanaan/panna (1 – 2)
Atau disebut sila-samadhi-panna, Pelaksanaan sila akan mendukung samadhi, pelaksanaan samadhi akan mendukung panna (kebijaksanaan), dengan bertambahnya kebijaksanaan akan semakin mendukung pelaksanaan sila. Tetapi untuk memulai jalan mulia ini, harus diawali dengan pandangan benar sesuai urutan JMB8.

JMB8 akan menghasilkan faktor ke-9 yaitu:

9. Pengetahuan Benar, yang akan menghasilkan faktor ke-10 yaitu:
10. Pembebasan Benar.

JMB8 inilah metode yang perlu dikembangkan dan dilatih dalam kehidupan sehari-hari, dan dengannya akan diketahui oleh diri sendiri bahwa kekotoran-kekotoran batin telah dihancurkan.

(Visited 155 times, 1 visits today)

One thought on “Jalan Mulia Berunsur Delapan

  1. Pingback: Siap Mati - AYOweb

Leave a Reply