Melacak Foto Hoax

Belakangan ini banyak bertebaran website yang memuat berita hoax pembantaian muslim etnis Rohingya di Myanmar, dengan mencaplok gambar dari sumber lain tapi diberitakan seolah-olah merupakan gambar pembantaian etnis Rohingya, tindakan provokatif ini jelas bertujuan menebar isu SARA. Padahal siapapun yang memiliki akses Internet dapat menelusuri dan membuktikan sendiri apakah foto yang dimuat sesua i atau tidak dengan pemberitaannya, tulisan singkat ini mencoba membantu memaparkan cara penelusuran tersebut bagi Anda yang belum/ingin mengetahuinya. Dipersilahkan mengcopy/share kepada siapapun agar mengurangi pihak yang mudah terprovokasi.  

Catatan: Page https://www.facebook.com/KejadianSesungguhnyaPadaRohingya memaparkan fakta-fakta sesungguhnya bagi yang ingin mengetahui kejadian sesungguhnya pada Rohingya.

PERINGATAN! Dibawah ini terdapat gambar sadis yang tidak layak dilihat bagi yang masih di bawah umur.

Contoh kasus: Terdapat website dengan berita provokatif lengkap dengan beberapa foto sadis: https://kabarnet.wordpress.com/2012/06/24/pembantaian-warga-muslim-rohingya-terus-berlanjut/ 

Dengan bantuan Google, kita dapat menelusuri sendiri sumber gambar yang digunakan pada berita tersebut, dengan langkah-langkah berikut (menggunakan browser Mozilla Firefox):

1. Pada website tersebut, klik kanan gambar pertama pada website tersebut (gambar seorang wanita dengan kepala luka), pilih View Image, akan tampil gambar dan URL-nya, copy URL tersebut, yaitu http://kabarnet.files.wordpress.com/2012/06/burma8.jpg?w=300&h=197

2. Buka http://images.google.com/

3. Klik icon kamera yang terletak di ujung kanan input text.

4. Paste URL pada point 1 (http://kabarnet.files.wordpress.com/2012/06/burma8.jpg?w=300&h=197), klik Search

5. Klik “Custom Range” pada menu sebelah kiri.

6. Karena berita tersebut tertanggal 24 Juni 2012, maka cari berita sebelum tanggal tersebut. Pada Custom Range, kosongkan bagian From, dan isi bagian To dengan: 6/23/2012 (23 Juni 2012 atau tanggal sebelum berita tersebut di posting).

7. Klik Search. Akan tampil banyak URL yang memuat gambar serupa dan tanggal sebelum 24 Juni 2012. Logikanya, jika ada dua website yang memuat gambar yang sama tetapi dengan tanggal dan berita yang berbeda, maka berita pada website dengan tanggal lebih awal tentu kemungkinan lebih terpercaya.

Ternyata pada contoh di atas, gambar tersebut juga terdapat pada beberapa website, misalnya http://arakanemergencyinfo.blogspot.com/2012/06/arakanese-woman-was-raped-and-murdered.html tertanggal 14 Juni 2012.

Foto wanita yang sebelumnya seolah-olah merupakan korban yang jatuh dari pihak Rohingya, ternyata menurut beberapa website yang lebih dulu memosting gambar tersebut menyatakan hal sebaliknya, yaitu foto tersebut merupakan wanita Arakan yang diperkosa dan dibunuh oleh Rohingya.

Catatan: tanggal posting dapat saja diubah, karena itu lebih baik cross-check dengan lebih banyak sumber data.

Contoh gambar lain: http://kabarnet.files.wordpress.com/2012/06/burma10.jpg (foto anak kecil dengan leher tergorok). Telusuri seperti cara sebelumnya, maka foto tersebut sudah lama terdapat pada banyak website berbahasa Arab, tetapi tidak berhubungan dengan Rohingya.

(Visited 136 times, 1 visits today)

Leave a Reply