Longest Metal Vocal Note

metal

Pada sebuah band metal, posisi vokalis biasanya sangat penting, musik sangar tapi vokal imut akan mempengaruhi penilaian pendengar.  Vokalis metal selain jadi frontman di panggung (tidak berlaku untuk bandnya Yngwie), biasanya dituntut punya jeritan maut, minimal range vokalnya cukup lebar.  Selain itu, faktor penting lainnya adalah kemampuannya mengolah nafas agar mampu menahan nada panjang, atau menyanyikan not demi not tanpa jedah. Mungkin hal ini tidak terlalu menonjol jika sang vokalis menyanyikan not-not pendek, tetapi pada beberapa lagu (misalnya pada tipikal lagu melodic power metal), vokalis perlu mengatur ekstra paru-parunya agar dapat melantunkan melodi vokal panjang tanpa putus, apalagi saat live.

Saya lalu browsing sebentar untuk mencari apakah ada yang pernah iseng memasang daftar vokalis yang mampu menahan nada terlama, ketemu satu nama yang cukup familiar yaitu Freddy Curci yang ngetop bareng bandnya: Alias, kabarnya dia pemegang Guinness World Record untuk not terpanjang di lagu pop, selama 30 detik dalam lagu “When I’m With You” (waktu Freddy Curci masih menjadi vokalis band Sheriff). Tapi setelah dengar sendiri lagunya, ternyata durasi di audio player  menunjukkan Freddy Curci menyanyikan not panjang tanpa jedah dari menit 03:18 sampai 03:44 atau sekitar 26 detik.  Suara Freddy Curci memang sakti, hanya sayang lagu “When I’m With You” tidak ada unsur metal sama sekali.  Untuk itu, saya mencoba mendengarkan lagi lagu-lagu metal yang dicurigai memiliki not panjang, untuk menemukan lagu/vokalis yang pantas meraih predikat “Longest Metal Vocal Note”.

Berikut hasilnya mulai dari durasi terpendek.

* 6 detik. Bon Jovi – In The Arms (album Keep The Faith – 1992)
vokalis: Jon Bon Jovi
menit ke: 04:43 – 04:49
bagian: baabbbyyyy…!!

6 detik menahan nada memang tidak terlalu lama, tetapi kita tidak terlalu sering mendengarnya pada band genre hard rock/glam metal seperti Bon Jovi.  Jon sanggup mencapai nada yang cukup tinggi pada lagu ini dengan vokal seraknya, tidak heran cewek-cewek pada bilang vokal Jon itu seksi.

* 7 detik. Gamma Ray – Tribute to the Past (Insanity and Genius – 1993)
vokalis: Ralf Scheepers
menit ke: 04:46 – 04:53
bagian: ooooooooo….!!! (ending)

Ini adalah contoh lagu yang memperdengarkan teknik vocal bridging yang indah,  mendaki nada dari rendah ke tinggi dengan mulus tanpa mengalami vocal break, tanpa falsetto, melainkan dari chest voice ke head voice (kalau tidak salah sih begitu istilahnya). Contoh bridging lainnya adalah lagu “She’s Gone” (Steelheart) di bagian “girl……….” yang juga semakin meninggi. Bukan vokalis sembarangan yang dapat melakukannya.

* 8 detik. Power Metal – Malapetaka  (album Power One – 1991)
vokalis: Arul Erfansyah
menit ke: 03:45 – 03:53
bagian: yeah yeah … ooooo…!!! (ending)

Tidak ketinggalan vokalis lokal favorit saya. Arul memang pantas dibilang Michael Kiske-nya Indonesia, kualitas lengkingannya tidak kalah dengan vokalis luar.

* 8 detik. Steelheart – Sheila (album Steelheart – 1991)
vokalis: Mike Matijevic
menit ke: 06:54 – 07:02
bagian: ooooooooooooooo…!!  (ending)

Biarpun sering melengking tinggi, tetapi ternyata Mike Matijevic tidak terlalu suka menahan nada terlalu panjang. Tampaknya dia lebih memamerkan nada tinggi ketimbang durasi. 8 detik jelas masih terlalu singkat untuk kemampuan vokalnya, atau barangkali ada lagu Steelheart yang terlewat oleh saya dan memiliki nada yang lebih panjang.

* 8 detik. Fates Warning – Nothing Left to Say (album Perfect Symmetry – 1989)
vokalis: Ray Alder
menit ke: 06:46 – 06:54
bagian: with nothing left to say…!! (ending)

Ini salah satu lengkingan favorit yang dulu sering saya dengarkan. Fates Warning merupakan band progressive metal yang sayangnya tidak sepopuler Dream Theater walaupun mereka memulainya lebih dulu. Vokalis Ray Alder mampu memainkan emosi pada vokalnya, didukung suaranya yang sanggup melengking tinggi dan sangat jernih, seperti di lagu ini.

* 9 detik. Yngwie Malmsteen’s Rising Force – As Above So Below (album Rising Force – 1984)
vokalis: Jeff Scott Soto
menit ke: 9 detik (01:55 – 02:04)
bagian: to the other siddeeeee…. yeah!

Ini contoh lagu yang melodi vokalnya membutuhkan teknik yang bagus, nafas kuat dan range vokal luas. Permainan gitar Yngwie boleh mendominasi keseluruhan album, tapi di lagu ini jelas bintangnya adalah Jeff Scott Soto.

* 10 detik. Gamma Ray – Start Running (album Sigh No More – 1991)
vokalis: Ralf Scheepers
menit ke: 03:41 – 03:51
at vocal line: are comingggg..!! (ending)

Ralf Scheepers adalah salah satu vokalis metal yang mampu melengking sangat tinggi dengan tetap mempertahankan power. Kehebatan Ralf Scheepers di lagu ini bukan hanya karena ia menahan nada tinggi dalam waktu sekitar 10 detik nonstop di bagian akhir, tetapi lagu ini dari awal sudah menjerit-jerit full sampai akhir.

* 10 detik. Helloween – Victim of Fate (album The Best, The Rest, The Rare – 1991)
vokalis: Michael Kiske
menit ke: 06:44 – 06:54
bagian: dieeeeeeeeeeee!!!! (ending)

Ini lengkingan Michael Kiske yang terkesan paling liar,  mungkin karena spirit lagunya yang sangat tragis dan emosional ciri khas Kai Hansen (dengar saja sepenggal liriknya: my mother’s a bitch, my father’s a killer). Lagu ini aslinya dinyanyikan oleh Kai Hansen, tapi Kiske lebih nafsu ngebawainnya karena harusnya lengkingan di ending versi Kai Hansen cuma sekitar 5 detik.

* 11 detik. Queensryche – Eyes of Stranger (album Operation Mindcrime – 1988)
vokalis: Geoff Tate
menit ke: 04:48 – 05:59
bagian: what lies behind the stare……..

cukup banyak lagu Queensryche di mana Geoff Tate menahan nada lebih lama dibandingkan lagu “Eyes of Stranger”,  tetapi yang satu ini terdengar sangat memorable, selain karena lagunya memang luar biasa indah,  tarikan Geoff Tate di lagu ini tidak terlalu tinggi, tapi terdengar begitu keren (komplit dengan vibra ala Bruce Dickinson), asli bikin merinding!

* 13 detik. Iron Maiden – Hallowed Be Thy Name (album The Number of the Beast – 1982)
vokalis: Bruce Dickinson
menit ke: 00:54 -01:07
bagian: looooowwwww… (intro)

Bagian Bruce Dickinson menyanyikan “i’m running lowww…” sepanjang 13 detik  ini disambung dengan nada yang lebih tinggi sekitar 10 detik lagi. Lagu yang sempurna untuk uji ketahanan nafas.

* 13 detik. Stryper – The Way (album To Hell With the Devil – 1986)
vokalis: Michael Sweet
menit ke: 03:17 – 03:30
bagian: is the roockkkkk…!!! (ending)

Salah satu vokalis yang cocok mewakili genre hard rock/glam metal untuk urusan jerit-menjerit adalah Michael Sweet dari Stryper. Tidak hanya sanggup melengking tinggi, ia juga sanggup mempertahankan nada yang sangat tinggi selama 13 detik di lagu ini.

* 13 detik. Guns N Roses – Sweet Child O’ Mine (album Appetite for Destruction – 1987)
vokalis: W. Axl Rose
menit ke: 4:34 – 4:47
bagian: sweet chiiiiiilllddd o’ mineeeeee……… (ending)

“Sweet Child O’ Mine” cukup mudah dinyanyikan oleh siapa pun, kecuali pada 13 detik terakhir.

* 13 detik. Wuthering Heights – Lost at Sea (album Salt – 2010)
vokalis: Nils Patrik Johansson
menit ke: 14:29 – 14:42
bagian: seaaa…….

Lagu dengan durasi terpanjang pada album ini, yang juga terdapat nada terpanjang yang dinyanyikan Nils di album keren ini.

* 14 detik. Angra – Evil Warning (album Angel  Cry – 1993)
vokalis: Andre Matos
menit ke: 06:06 – 06:20
bagian: until the end……….

Ini satu lagi vokalis sakti dari kubu power metal. Andre Matos sudah sering menyanyikan melodi-melodi panjang sejak di Viper,  juga saat ini di Symfonia. Namun eksplorasi vokalnya yang paling maksimal memang tetap saat dia di Angra.

* 15 detik. Helloween – Eagle Fly Free (album Keeper of the Seven Keys Part 2 – 1988)
vokalis: Michael Kiske
menit ke: 04:50 – 05:05
bagian: ooooooooooooo…….. (ending)

Tabu rasanya melewatkan lagu ini untuk urusan ketahanan nafas. Michael Kiske mencatat 15 detik pada ending “Eagle Fly Free”.  Tapi ini bukan rekor terlamanya.

* 15 detik. Angra – Wuthering Heights (album Angel  Cry – 1993)
vokalis: Andre Matos
menit ke: 04:05 – 04:20
at vocal line: aaaaaaa yeaahh ooooo … (sangat susah menuliskannya!)

Lagu Kate Bush yang dinyanyikan ulang oleh Angra, salah satu cover lagu non-metal yang menjadi sangat terkenal di dunia metal gara-gara kesaktian Andre Matos menyanyikannya.

* 15 detik. Michael Kiske – Do I Remember a Life? (album Instant Clarity – 1996)
vokalis: Michael Kiske
menit ke: 07:52 – 08:07
bagian: pray for your kingdom to come…

Tanpa Helloween, vokal Michael Kiske tetap sakti. Walaupun tidak melengking sesering di Helloween, tetapi kualitasnya sama sekali tidak menurun. Lagu “Do I Remember a Life?” diambil dari album solo pertamanya. Lagu ini memang sangat menonjolkan vokal dahsyat Kiske.

* 15 detik. Michael Kiske – Shadowfights (album Readiness To Sacrifice – 1999)
menit ke: 2:00 – 2:15
bagian: all hell comes to eeenndddd………..

Musik lagu ini boleh santai, tapi bagian vokalnya berakrobat kesana kemari bergantian dari nada rendah ke nada tinggi, sudah mirip dengan gaya penyanyi opera. Benar-benar menunjukkan kelas si Michael Kiske.

* 16 detik. Iron Maiden – Seventh Son of a Seventh Son (album Seventh Son of a Seventh Son – 1988)
vokalis: Bruce Dickinson
menit ke: 03:47 – 04:03
bagian: oooooooo…….. (yang sangat panjang)

Bagi vokalis yang tidak punya ketahanan nafas yang cukup, Steve Harris pasti di-cap kejam karena menciptakan lagu “Seventh Son of a Seventh Son” yang dipenuhi melodi vokal yang dengan nada-nada panjang dan berbelok-belok,  untungnya vokalis Iron Maiden adalah Bruce Dickinson yang memang suka dan biasa “dikerjain” seperti itu.

* 17 detik. Skid Row – In a Darkened Room (album Slave to the Grind – 1991)
vokalis: Sebastian Bach
menit ke: 02:32 – 02:49
bagian: please let there be light in a darkened roooommm…..

Kebiasaan Sebastian Bach adalah memamerkan lengkingan tinggi dengan nada yang indah pada ending lagu ballad, seperti “18 and Life” atau “I Remember You”. Tapi nada terpanjang yang dicapainya adalah di lagu ini.

* 18 detik. Queensryche – Road to Madness (album The Warning – 1984)
vokalis: Geoff Tate
menit ke: 08:52 – 09:10
bagian: i’ve passed away……….

Geoff Tate tidak menyia-nyiakan masa jayanya saat dengan enaknya mampu menjerit-jerit tinggi dengan teknik dan nafas yang mengagumkan!

* 18 detik. Seurieus Band – Rocker Juga Manusia (album Rocker Juga Manusia – 2004)
vokalis: Candil
menit ke: 02:50 –  03:08
bagian: ingin kuteriakkannnnn……..

18 detik mampu dicapai oleh tukang jerit made in Indonesia: Candil, yang memang punya power dan range vokal yang lewat standar.

* 20 detik. Helloween – I Want Out (album Keeper of the Seven Keys Part 2 – 1988)
vokalis: Michael Kiske
menit ke: 03:51 – 04:11
bagian: leave me alonneeeeeeee……

Walaupun vokal panjang “leave me alooonneeeee…” berbarengan dengan bagian reff. sehingga kurang menonjol (dan membuatnya tidak bisa dinyanyikan saat live karena Kiske selalu lebih memilih menyanyikan reff-nya), tetapi bagian inilah salah satu daya tarik lagu ini.  Dua band yang pernah mengcover lagu ini adalah Hammerfall dan Sonata Arctica. Hammerfall (dengan vokalis Joacim Cans) hanya sanggup menahan bagian ini selama 11 detik, sedangkan Sonata Arctica (dengan vokalis Tony Kakko)  tidak mencoba berlama-lama dengan bagian tersebut, cukup meneriakkan “leave me alone” selama 2 detik.

* 21 detik. Manowar – Hail and Kill (album Kings of Metal – 1988)
vokalis: Eric Adams
menit ke: 05:12 – 05:33
bagian: aahhhhhhhh……… (ending yang sangat histeris)

Inilah vokalis yang sangat ekstrim menahan dan mencapai nada tinggi, di lagu ini Eric Adams menahan nada tinggi selama 21 detik, entah apa jadinya Manowar kalau sampai ditinggal Eric Adams.

* 21 detik. Judas Priest – Painkiller (album Painkiller – 1990)
vokalis: Rob Halford
menit ke: 05:37 – 05:58
bagian: painkiller……… (ending)

Painkiller merupakan salah satu lagu yang disegani dalam sejarah metal,  ada beberapa bagian yang sangat membekas, antara lain intro gebukan drums yang maut, duel gitar dahsyat, dan tentu saja vokal yang melengking tinggi dari Rob Halford, yang juga membuktikan ia mampu menahan nada selama 21 detik pada akhir lagu walau di nada yang tidak terlalu tinggi.  Angra juga pernah mengcover lagu ini, dan mereka boleh bangga dengan Andre Matos yang mampu menandingi vokal Rob Halford dengan sukses.

* 25 detik. Guns N Roses – Don’t Cry (album Use Your Illusion 1 – 1991)
vokalis: W. Axl Rose
menit ke: 04:15 – 04:40
bagian: tonighttt yaiyaiyaaiiiiiiii…………… (ending)

“Don’t Cry” adalah ballad sendu dengan ending yang aneh dan tidak nyambung, tapi dapat dimaklumi karena vokalisnya adalah W. Axl Rose.

* 26 detik. Helloween – The King For a 1000 Years (album Keeper of the Seven Keys – The Legacy – 2005)
vokalis: Andi Deris
menit ke: 13:23 – 13:49
bagian: ooooooooooooo…………… (ending)

Melalui lagu ini Andi Deris menjawab berbagai keraguan fans Helloween yang sering membandingkannya dengan Michael Kiske. Ia menggunakan style vokal yang clean dan melodic pada lagu ini, endingnya juga mengagumkan, menahan nada selama 26 detik dan masih bisa melengking di bagian akhir.  Walaupun saya tidak 100% yakin Andi Deris melakukan pure 26 detik karena pada bagian ending ini terdengar sedikit sentuhan efek vokal di studio, tapi yang jelas tarikan Andi Deris mencapai nada tinggi terdengar keren habis!

* 30 detik. Manowar – Black Wind, Fire and Steel (album Fighting The World – 1987)
vokalis: Eric Adams
menit ke: 03:40 – 04:10
bagian: steeelll….!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Inilah teriakan metal paling dahsyat dan terlama sampai saat ini yang pernah saya dengar. 30 detik nonstop oleh Eric Adams dengan vibra dan nada tinggi yang konstan di E5  hingga nyaris mencapai akhir! Yang cukup mendekati rekor ini adalah Helloween (dengan vokalis Michael Kiske) di ending lagu “Keeper of the Seven Keys” yang juga mencapai 30 detik, sayangnya ada jedah sekitar setengah detik di tengah sehingga 30 detiknya tidak sempurna. Manowar rupanya tidak sedang bercanda kalau pernah mengatakan: other bands play, Manowar kill!

Kalau ada tambahan, silakan di-comment 🙂

Catatan:

* durasi yang dicantumkan tidak terlalu presisi, tidak sampai ke milidetik.

* menit yang ditunjukkan berdasarkan acuan file audio mp3 yang dimainkan di player Winamp sehingga bisa berbeda dari aslinya.

* beberapa faktor dapat mempengaruhi lama tidaknya seorang vokalis menahan not, misalnya rendah tingginya nada, turun naiknya nada, dan teknik yang digunakan.

Page Facebook ReviewMusik

(Visited 185 times, 1 visits today)

21 thoughts on “Longest Metal Vocal Note

  1. jadikan aku yang keduax..
    bos, yang juara kebanyakan band2 lawas ya..apa iya band muda ga suka melengking lengking? hehe

  2. bos knapa lagu iron maiden yang, the number of the beast ga masuk, padahal lengkingan suara Bruce sudah mencapai 15 detik di lagu itu .
    bagian : yaaaaa………….

  3. Angra – Running Alone (album : Aqua)
    vokalis : Eduardo Falaschi
    ending : ooooooo….. naik 3 nada yg di akhiri dgn lengkingan ( walaupun ga setinggi andre matos ) mencapai 24 detik

  4. loh kok abang haji rhoma ga masuk nominasi Gan ,padahal dia pas bawain lagu2nya pas konser ada penonton yang kesurupan dan teriak2 1jam tanpa jeda ,,,,,,,,,,

  5. gan klau suara M.Shadow (Avenged Sevenfold) di scream awal “Bat Country” dan di akhir lagu seize the day” dan di akhir lagu “until the end” masuk gak?

  6. shadow avenged sevenfold di lagu doing time album hail to the king nada pembuka dari detik 21-45..panjang juga tuh bro 24 detik

Leave a Reply