Tips Ngoprek Template Blog

catatan: artikel ini ditulis saat saya masih menggunakan engine blogger di jokonurjadi.blogspot.com.

*

Hari ini nyaris gue ganti design template lagi, tapi setelah muter-muter nyari di google, kolong meja, laci, lemari baju, sepertinya nggak ada template yang unik seperti template yang sekarang ini.

Sebenarnya cuma 1 hal yang bikin gue mau ganti template, yaitu dari sononya template ini nggak ada halaman navigasi (page navigation), nggak ada link Newer Posts dan Older Posts.

Hasilnya kalau posting gue di kategori tertentu udah banyak, misalnya 100 posting di kategori IT, maka saat orang klik IT, akan nongol seluruhnya atau 100 posting dalam 1 halaman. Bete kan kalo scroll kebawah panjaaang bener…

Saking desperadonya, gue sampai email pembuat design ini, Ophelia Nicholson, minta dia nongolin page navigationnya. Email gue dibales, katanya dia lagi nggak di rumah saat ini, nanti kalo udah balik baru dia kirimin scriptnya.

Tunggu 2 hari, belum ada juga kabarnya. Akhirnya ya gue cari template-template baru, tapi nggak ada yang cocok. Terpaksa langkah terakhir ditempuh: ngoprek-ngoprek source code template-nya. Ngeliat codingnya aja sudah 3M: Mules, Malas, Mo muntah.

Eh, nggak nyangka caranya ternyata gampang aja (kalo udah tau baru bilang gampang!), yaitu search keyword: blog-pager, nah disini ternyata tersimpan CSS yang mendefinisikan style page navigation tersebut. Defaultnya template Ophelia ini adalah display:none. Pantes aja nggak muncul page navigationnya! Setelah display:none itu diganti dengan style yang kita inginkan, baru nongol si Newer Posts & Older Posts itu. Fiuhh..

Trus satu hal lagi yang mungkin bisa gue share, posting di blogspot defaultnya nggak ada link READ MORE, tau kan yang misalnya posting kita panjang, terus kita mau kasih intro dulu, dan sediain link READ MORE kalo mau membaca keseluruhan post.

Cara untuk menambahkan read more dapat dicari di google, pasti ketemu step by step caranya. Masalahnya adalah, kalau posting kita panjang dan kita ingin buat rapi rata kanan dan rata kiri, biasanya kita akan klik icon Justify Full yang ada di toolbar editor. Tapi entah kenapa, kalau kita memilih icon Justify Full ini, maka coding HTML postingan kita akan amburadul dan bagian read more akan ngaco belo, harus diedit lagi pelan-pelan.

Karena itu saya perhatikan, banyak blog di blogspot yang pake read more tapi postnya nggak right-justify, Mungkin karena alasan di atas.

Sebenarnya terdapat cara yang gampang untuk membuat justify full, yaitu tambahkan kode <div align=justify> pada awal posting, dan </div> pada akhir posting, beres deh…. posting kita akan menjadi justify full.

Semoga bermanpaat..

(Visited 39 times, 1 visits today)

Leave a Reply